INOVASI SI GERCEP ( Skrinning Usia Produktif dan Gerakan Cegah Penyakit Tidak Menular)

Inovasi SI GERCEP MOBILE merupakan salah satu Inovasi UPTD Puskesmas Baru Tengah. INOVASI SI GERCEP (Skrinning Usia Produktif  dan Gerakan Cegah Penyakit Tidak Menular) merupakan kegaiatn rutin yang dilakukan oleh UPTD.Puskesmas Baru Tengah yang mulai dilaksanakan sejak tanggal 16 Juli 2022 sampai dengan saat ini dan terus berjalan.

Diharapkan dengan Kegiatan yang berlangung Mobile ini semua RT diwilayah Baru Tengah dapat merasakan hasil inovasi dari SI GERCEP. Kegiatan ini memiliki sasaran warga yang berumur 15 tahun keatas sampai lanjut usia, saat ini ada 11 RT yang telah dilaksanakan SI GERCEP diwilayah Baru Tengah yaitu RT 1,11,19,22,23,29,34,36,37,34.

Kegiatan SI GERCEP ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini Penyakit Tidak Menular yang diderita oleh warga Baru Tengah, selain itu kegiatan ini juga bermanfaat agar warga lebih berpartisipasi aktif dalam menjaga kesehatan serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dalam kegiatan ini dilakukan pemeriksaan darah,penilaian status gizi, dan pemberian obat kepada penderita diabetes dan hipertensi secara gratis dengan syarat membawa KTP atau kartu BPJS Kesehatan selain itu dilakukan juga penyuluhan tentang Penyakit Tidak Menular serta pemberian konseling terkait pola hidup bersih dan sehat.

Kegiatan ini melibatkan beberapa tenaga kesehatan seperti dokter umum, perawat, serta analis kesehatan. Harapannya kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan menimbulkan dampak positif bagi warga baru tengah dalam menjaga kesehatan serta meningkatkan kesadaran dalam mengenali atau mendeteksi ciri atau tanda mengenai penyakit tidak menular yang mungkin diderita bahkan cara mencegah agar terhindar dari penyakit tidak menular.