GEMPUR JET ( GERAKAN PEMBURU JENTIK ) Bersama Kader Jumantik Dan Lintas Sektor

Selasa 27 September 2022  UPTD.Puskesmas Baru Tengah mengadakan Gempur Jet (Gerakan Pemburu Jentik) bersama kader jumantik dan lintas sektor yang berada di wilayah baru tengah, kegiatan ini dilaksanakan di RT.27 guna mencegah penyebaran penaykit DBD.

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang ditandai dengan demam mendadak, sakit kepala, nyeri belakang bola mata, mual dan manifestasi perdarahan seperti uji tourniquet (rumple lead) positif, bintik-bintik merah di kulit (petekie), mimisan, gusi berdarah dan lain sebagainya. Sampai saat penyakit Arbovirus, khususnya DBD ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat dan  menimbulkan dampak sosial maupun ekonomi. Kerugian sosial yang terjadi antara lain karena menimbulkan kepanikan dalam keluarga, kematian anggota keluarga dan berkurangnya usia harapan hidup masyarakat.

Oleh karena itu untuk meningkatkan keberhasilan pengendalian vektor DBD dan mencegah  terjadinya peningkatan kasus atau KLB, maka diperlukan kerjasama dengan lintas program dan lintas sektor. Melalui proses koordinasi, sosialisasi  ke kader, tokoh masyarakat juga  pemangku kebijakan dan masyarakat.